Catatan Andi Agusta

Friday 7 February 2014

ALGORITMA PENCARIAN (SEARCHING)

No comments :

ALGORITMA PENCARIAN (SEARCHING)

 


    Searching berarti pencarian suatu situs yang belum kita ketahui secara pasti alamat yang dimiliki. Dalam melakukan searching biasanya kita gunakan search engine sebagai mesin pembantu dalam pencarian situs tersebut.Search engine adalah sebuah fasilitas (web) yang bisa mencari links dari situs lain. Ada berbagai macam search engine yang bisa kita gunakan dalam searcing, yaitu ; yahoo, google, altavista, lycos, astaga, msn, dan lain sebagainya.

    Pencarian(searhing) merupakan proses yang sangat penting dalam pengolahan data. Proses pencarian adalah menemukan nilai(data) tertentu didalam sekumpulan data yang bertipe sama.
Sebuah algoritma pencarian dijelaskan secara luas adalah sebuah algoritma yang menerima masukan berupa sebuah masalah dan menghasilkan sebuah solusi untuk masalah tersebut, yang biasanya didapat dari evaluasi beberapa kemungkinan solusi. Algoritma pencarian (searching algorithm) adalah algoritma yang menerima sebuah Kata kunci dan dengan  langkah-langkah tertentu akan mencari rekaman dengan kata kunci tersebut.  Setelah proses pencarian dilaksanakan, akan diperoleh salah satu dari dua kemungkinan, yaitu data yang dicari ditemukan atau tidak ditemukan.

1.      Macam-macam Algoritma (Searching)
1.1  Pencarian sekuensial (Sequential searching)
·         Pengertian
Pencarian Sekuensial (sequential searching) atau pencarian berurutan sering disebut pencarian linear merupakan metode pencarian yang paling sederhana. Pencarian beruntun adalah proses yang membandingkan setiap elemen larik satu per satu secara beruntun, mulai dari elemen pertama sampai elemen yang dicari ditemukan atau seluruh elemen sudah diperiksa.

1.2  Pencarian Biner (binary search)
·       Pengertian
       Terdapat metode pencarian pada data terurut yang paling efficient, yaitu metode pencarian bagi dua atau pencarian biner (binary search). Metode ini digunakan untuk kebutuhan pencarian dengan waktu yang cepat. Prinsip pencarian dengan membagi data atas dua bagian mendasari metode ini. Data yang disimpan di dalam larik harus sudah terurut. data terurut yang paling efficient, yaitu metode pencarian bagidua atau pencarian biner (binary search).

 Pada kali ini saya akan berbagi dan mencoba membuat program pencarian (search)  dengan metode Pencarian Sekuensial atau berurutan. Saya mengunakan Apikasi Codeblock dan dengan bahasa pemrograman C++... ayomari kita coba langsung...




 Jika di run hasilnya seperti ini :



         Hasil Program di atas menunjukkan bahwa ketika user menginputkan nilai yang ada dalam data maka akan tampil data yang kita inputkan dan jumlah datanya.  jika  user tidak menginputkan nilai yang ada dalam data maka hasilnya akan seperti ini :



Yaaap... Itu program Searching Semoga bermanfaat



No comments :

Post a Comment